JAKARTA, RMNEWS.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) akan menyelenggarakan business matching pada BNI Expo 2024 bagi pelaku UMKM mitra agar dapat mengembangkan pangsa pasar ekspor pada 2-4 Agustus mendatang di ICE BSD.
Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies menjelaskan kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produk, tapi juga memfasilitasi pelaku usaha kecil tersebut untuk memperluas pasar mereka.
“Kami (akan) mendatangkan beberapa pembeli dari luar negeri di hari Minggu (4/8) itu untuk langsung melakukan business matching dengan para UMKM ini,” ungkap Corina Leyla Karnalies, seperti yang dikutip dari Kompas, Kamis (1/8/2024).
Menurutnya, kegiatan business matching tersebut menjadi salah satu pembeda pelaksanaan BNI Expo kali ini dengan event serupa lainnya.
“Jadi ini mungkin poinnya sedikit berbeda. Kami tidak hanya menyediakan fasilitas booth untuk mereka (UMKM) berjualan, tapi lebih dari itu, jadi bagaimana bisnisnya UMKM ini berkembang sampai ke luar negeri,” jelas Corina.
Consumer Segment Division Head Sri Indira mengatakan bahwa terdapat 40 UMKM mitra yang diundang berpartisipasi dalam acara pameran tersebut.
“Ada (UMKM) kopi, ada kriya, sebagian besar sih kriya kerajinan,” ucapnya.
Ia menyatakan bahwa business matching tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memberikan one-stop financial solution pada perhelatan BNI Expo 2024. Tidak hanya UMKM, Indira menyampaikan bahwa mitra yang diundang untuk berpartisipasi pada acara tersebut juga termasuk perusahaan-perusahaan besar di sektor properti, kendaraan, pariwisata, dan fesyen.
“Kami berupaya menghadirkan one-stop financial solution yang mana di situ dipertemukan antara produknya BNI, solusi finansial, dengan mitra-mitra BNI yang menyediakan kebutuhan mulai dari perumahan, kendaraan bermotor, traveling, liburan, fashion, dan kebutuhan lainnya,” imbuhnya.
Editor: Andika
Sumber: Kompas